Tuesday 12 March 2013

0 Establish Prayer with the Heart Ikhlas





Disini saya akan terlebih dahulu menerangkan pengertian ikhlas yang dimaksud dalam bab diatas, yaitu jika seseorang menegakkan shalat dengan tujuan hanya karena Allah SWT dan mengingat akhirat. Jadi dengan melakukan dua hal tersebut, seseorang insyaallah akan mencapai tingkat kekhusu’an dalam shalat dan hati akan menjadi tenang. didalam QS. Al-Baqarah : 45-46, yang artinya: “ Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang menykini bahwa mereka akan menemani Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepadanya”.   
Karena itu memang hal yang tersulit dalam shalat itu menghadirkan hati yang ikhlas kepada sang pencipta yaitu Allah SWT yang Maha Kuasa. Ini bisa kita lakukan tapi kuncinya dengan sabar, tekun dan bersungguh-sungguh. Karena sifat ikhlas tempatnya dihati, jadi kita tidak bisa memaksa atau menyuruh seenaknya sendiri.
            Tetapi kita harus lihat tentang manfa’at shalat yang dilakukan dengan hati yang tenang dan ikhlas. Supaya kalau ngerti dengan manfa’at tersebut, kita setidaknya bisa tampil yang lebih baik dari yang sebelumnya. Seperti bisa menyembuhkan perasaan bersalah yang menimbulkan perasaan gelisah dan stres, atau bisa menyembuhkan manusia dari rasa dukacita yang mendalam. Jadi menurutku hal yang asalnya sedih menjadi senang. Dari hadits Nabi, beliau berkata “ Bangkit dan shalatlah karena sesungguhnya shalat itu obat penyembuh ”. Dengan demikian shalat itu memberikan ketenangan dalam hati dan memberi energi rohaniah yang luar biasa yang dapat membantu menyembuhkan penyakit-penyakit fisik dan jiwa. Jadi shalat itu menjdai penolong terbesar dalam mecapai kemaslahatan dunia dan akhirat serta menolak dari mara bahaya didunia dan akhirat.
            Shalat dengan hati yang ikhlas juga menjadikan badan kita menjadi sehat, karena dengan gerakan-gerakan khusus atau tertentu. Karena pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, maka kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apabila jika dilakukan secara rutin dan baik, maka sel-.sel yang rusak dapat segera tergantikan. Sedangkan dari sudut pandang medis, shalat adalah gudang obat dari beragai jenis penyakit. Gerakan-gerakan didalam shalat juga mempunyai manfa’at dan fungsi masing-masing, seperti salah satunya gerakan takbirotul ihram yang manfa’atnya diantaranya melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan, posisi jantung dibawah otak memungkinkan darah mengalir lancar keseluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar, kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah, sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.
            Sedangkan hati yang ikhlas juga membuat Amal Tetap Bermakna, disini kita disuruh hati-hati dengan melakukan ibadah shalatnya temporal, karena bisa jadi perbuatan tersebut merupakan tanda-tanda keikhlasannya belum sempurna. Memang dikalangan orang-orang umum atau awam sering kita jumpai, apalagi mempunyai kekarepan dengan sesuatu. Sok baik dan rajin, tidak dibarengi dengan hati yang ikhlas. Maka bagi orang-orang yang hatinya ikhlas, dia tidak akan melakukan sesuatu kecuali ia kemas niatnya dengan lurus kepada Allah SWT saja bukan yang lainnya.
            Dan terahir dari uraian saya adalah kekuatan ikhlas bagi dunia kerja, disini saya akan menceritakan tentang perihal diatas, sebut saja namanya Agus dia adalah seorang pekerja giat disebuah bank . Gaji Agus reltif kecil, ketika itu, dia menghadapi suatu masalah , salah seorang nasabahnya tidak bisa membayar hutangnya, dan nasabah tersebut sudah tidak punya uang lagi. Saat Agus memeriksa gudang milik nasabah tersebut, dia melihat tumpukan marmer yang tidak terpakai. Maka dibuatlah suatu kesepakatan bahwa pihak bank akan mengambil marmer tersebut, tiba-tiba agus teringat lantai dikantornya. Marmer itu dimanfa’atkannya. Dengan niat yang ikhlas, tanpa mengharapkan apa-apa pun dia telah mengeluarkan tenaga dan pikiran ekstra untuk memperbaiki lantai kantor tempat ia bekerja hingga selesai.
            Tetap apa yang kemudian terjadi? Tanpa diduga sebelumnya, tiba-tiba agus dipanggil atasannya, ia menerima selembar cek sebagai hadiah.
            Inilah kekuatan ikhlas bagi dunia kerja. Disebutkan didalam QS. Al-Mukmin : 17 yang artinya “ pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakan. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya”.
            Jadi kita sebagai seorang yang beriman harus berusaha yang bersungguh-sungguh untuk mencapai semua itu. Kita harus melakukan dengan sabar dan tekun. Semoga bisa. Amiin.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?